Tips Agar Anak Tertarik Dengan Buku Cerita Anak Bergambar

Tips Agar Anak Tertarik Dengan Buku Cerita Anak Bergambar

Apasaja tips agar anak tertarik dengan buku cerita anak bergambar? Untuk mengetahuinya, berikut ini artikel menarik lagi, saya berikan untuk Anda.

Di usia emas, usia ini merupakan masa yang begitu baik untuk dapat menanamkan kebiasaan yang baik termasuk seperti kebiasaan gemar membaca. Agar dapat menanamkan kebiasaan cinta buku ini dapat Anda dapat memberi bacaan pertama untuk anak Anda. Buku yang dapat Anda berikan untuk pertama kalinya ialah buku cerita anak bergambar. Buku cerita dengan gambar ini biasanya diberi warna yang menarik sehingga akan membuat buah hati Anda tertarik dengan buku tersebut.

Anak-anak yang belum lancar membaca memang akan tertarik membaca buku yang memiliki banyak gambar, dikarenakan mereka masih berada di tahap awal visual, sehingga nantinya mereka akan tertarik untuk membaca buku cerita yang memiliki banyak gambar. Gambar yang menarik juga dapat membantu mereka agar lebih memahami alur dari cerita bergambar yang Anda beri.

Berbagai buku cerita anak bergambar

Ada berbagai buku cerita anak bergambar yang bisa Anda pilih untuk buah hati yang Anda miliki, serta yang dapat menanamkan minat membaca dan menambah pengetahuan serta membentuk karakter anak. Agar dapat menambah pengetahuannya, Anda dapat memilihkan buku yang memiliki tema pengetahuan atau pun ensiklopedi yang sederhana, contohnya tentang anggota tubuh beserta fungsinya, tumbuhan, binatang dan yang lainnya. Untuk pesan moral, Anda dapat mendapatkannya dari berbagai cerita rakyat yang berasal dari buku cerita.

Seperti pisau yang memiliki mata dua, selain ia memberikan berbagai macam manfaat yang positif untuk perkembangan buah hati Anda, jika Anda salah memilihkan buku bacaan ini, Anda dapat membentuk buah hati Anda untuk meniru seperti apa teladan buruk yang berada di buku ini. Oleh sebab itu, sebagai seorang orang tua, Anda diharuskan lebih cermat untuk memilih bahan bacaan bagi buah hati Anda. Lebih baik Anda menghindari memilih buku yang memiliki adegan kekerasan seperti pembunuhan, penganiayaan, hingga perkelahian.

Selain menghindari memilih adegan kekerasan di dalam buku, Anda juga tidak boleh memilih buku yang menyeramkan contohnya seperti buku cerita hantu dan yang lainnya. Ini dikarenakan buku berhantu ini dapat membawanya di alam bawah sadar sehingga menjadi sebuah mimpi buruk. Oleh karena itu berhati-hati untuk memilih buku yang tidak sesuai dengan buah hati Anda. Seperti buku yang memuat gambar yang bercirikan pornografi, dikarenakan dapat membingungkannya dan bertanya seperti apa buku tersebut. Saat Anda ingin membelikannya buku, lebih baik Anda membacanya terlebih dahulu.

Tips agar anak tertarik dengan buku cerita anak bergambar

Namun kadang, anak kita tidak menyukai buku cerita anak bergambar yang kita pilihkan. Lantas, bagaimana cara menanamkan kecintaan atau rasa kesukaan pada buku cerita ini?

Berikut tips yang dapat Anda ikuti, antara lain:

1. Ajak anak untuk pergi ke perpustakaan.

Mengapa mengajaknya ke perpustakaan? Mengajak ke perpustakaan nantinya bisa menjadi sebuah pengalaman yang begitu menyenangkan untuk buah hati Anda. Hal tersebut akan menjadi sebuah kesempatan yang begitu bagus untuk melatih mereka agar lebih menyukai buku. Anda dapat menunjukkan pada mereka berbagai macam buku dengan isi yang menyenangkan.

2. Minta anak untuk memilih buku.

Apabila ia ingin membaca buku, minta ia untuk memilih buku yang ia suka. Anda dapat memberikan kebiasaan untuk memilih buku. Jika ia sudah memilih buku yang ia sukai, nantinya ia akan lebih bersemangat serta termotivasi. Jika Anda sedang mengajak anak ke swalayan, tentu dibeberapa swalayan menyediakan buku bergambar. Jika anak mendekati buku bergambar tersebut, biarkan saja. Lalu, coba tanya apakah kamu suka? Silakan beli kan buku tersebut jika dia mau. Toh, nggak seberapa harganya. Ini juga sama halnya di toko buku.

3. Buat perpustakaan kecil.

Coba buat perpustakaan dengan beberapa rak di rumah Anda. Beli berbagai macam buku yang menjadi favorit mereka sehingga nantinya ia akan mudah mencari buku kemudian mengambilnya.

4. Beli buku bergambar dari kartun favoritnya

Coba Anda diam-diam membeli buku yang berisikan cerita bergambar, kemudian mendekati anak perlahan-lahan dan memberikan sebuah kejutan menarik. Jika anak belum bisa membaca, silakan Anda coba menceritakan dan sambil bersamaan melihat gambar dengannya. Berikan masukan dan saran, semua buku itu menarik untuk dibaca. Selain menambah pengetahuan, juga mengasah cari menulis dan mengeloh kata dan kalimat yang baik dan benar. Akan tetapi, pastikan juga berikan saran tidak semua buku tulisan bergambar bagus dan baik dibaca.

Nah, jika Anda sudah berpikir kemana anak melanjutkan pendidikannya, coba rekomendasi saya membaca SITUS INFORMASI PENDIDIKAN DI INDONESIA.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.