Perbedaan SNMPTN, SBMPTN, Ujian Mandiri? Disini Jawabannya

Perbedaan SNMPTN, SBMPTN, Ujian Mandiri? Disini Jawabannya

Perbedaan SNMPTN, SBMPTN, Ujian Mandiri. Pada tahun 2016 ini terdapat 3 jalur seleksi masuk PTN yang dapat ditempuh oleh peserta lulusan SMA sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan di PTN. 3 jalur seleksi tersebut adalah SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri. Banyak dari kita yang mungkin membutuhkan informasi untuk menghilangkan kebingungan mereka tentang ketiga jalur tersebut.

Untuk itu berikut ini adalah perbedaan SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri yang disajikan dengan penjelasan bersifat mudah untuk dipahami.

Perbedaan SNMPTN, SBMPTN, Ujian Mandiri

SNMPTN

SNMPTN merupakan Seleksi Nasional PTN yang diselenggarakan oleh pemerintah, dalam hal ini Kemendikbud. Seleksi ini merupakan seleksi yang pertama kali dilaksanakan ditahun 2016 dengan jatah kuota 40%. Kuota ini berkurang 10% dari kuota tahun 2015 yang pada saat itu memiliki kuota 50%. Seleksi dengan jalur ini akan menggunakan dasar Nilai Raport, Ujian Akhir, dan Prestasi lain. Karena menggunakan dasar tersebut, SNMPTN hanya dapat dijalani oleh lulusan SMA sederajat yang lulus di tahun 2016. Bagi para peserta lulusan tahun sebelumnya tidak dapat mendaftarkan diri melalui jalur seleksi ini. Keuntungan dari peserta yang dapat lolos dari jalur ini adalah adanya pemberian subsidi biaya pendidikan. Seleksi ini diselenggarakan secara serentak. Jadwal pelaksanaan seleksi juga menjadi salah satu indikasi perbedaan SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandir.

SBMPTN

SBMPTN adalah seleksi bersama PTN yang diselenggarakan oleh Majelis Rektor PTN Indonesia. SBMPTN sama seperti SNMPTN juga merupakan seleksi masuk PTN yang dijalankan dengan cara serentak. Akan tetapi kuota yang ada pada SBMPTN adalah 30% pada tahun 2016 ini. Dalam proses seleksinya lebih bersifat ujian atau tes bukan berdasarkan nilai, dalam hal ini terdapat PBT, CBT, dan ujian keterampilan. Sama seperti SNMPTN, peserta yang lolos dari jalur ini akan mendapat subsidi biaya pendidikan. Terlebih lagi, keuntungan dari SBMPTN adalah dapat diambil oleh lulusan SMA sederajat yang lulus pada tahun sebelumnya, misal angkatan 2014 dan 2015.

Ujian Mandiri

Berbeda dengan SBMPTN dan SNMPTN, Ujian Mandiri lebih bersifat hak dari setiap PTN. Hal ini dikarenakan Ujian Mandiri diselenggarakan dan diatur oleh masing-masing PTN. Dari segi ketentuan dan pelaksanaan akan tergantung dari masing-masing PTN bersangkutan. Namun kuota penerimaan dari jalur Ujian Mandiri telah diatur yaitu sebanyak 30%. Jika kalian penasaran dengan proses seleksi dari Ujian Mandiri kalian dapat melihat informasi pada situs resmi masing-masing PTN. Satu hal lagi yang menjadi karakteristik yang sama dari Ujian Mandiri satu PTN dengan yang lain adalah tidak adanya subsidi biaya pendidikan bagi peserta yang lolos melalui jalur ini. Jadi peserta benar-benar membayar biaya pendidikan secara perorangan. Mengenai jumlahnya, lagi-lagi juga ditentukan masing-masing PTN.

Baca juga artikel ini situs – situs pendidikan yang membantu untuk mengetahui informasi pendidikan

Dari informasi tersebut, semoga dapat membantu kalian dalam memahami perbedaan SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri. Agar kalian dapat menempuh seleksi secara maksimal maka Anda juga harus tahu perbedaan SNMPTN, SBMPTN, Ujian Mandiri.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.