Jenis Pensil Warna Untuk Anak dan Penggunaannya

Jenis Pensil Warna Untuk Anak dan Penggunaannya

Berikut ini ulasan seputar jenis pensil warna untuk Anak dan penggunaannya. Anak-anak merupakan makhluk yang masih memiliki daya imajinasi yang luar biasa. Dari mereka bisa tercipta banyak gambar atau lukisan yang tidak bisa diterangkan oleh orang dewasa. Mereka memiliki bahasa dan daya khayal yang tinggi untuk melahirkan sebuah karya seni lukis yang hanya dimengerti oleh mereka sendiri. Bagi Anda para orang tua yang memiliki anak dengan bakat lukis atau gambar, sebaiknya tidak menganggap remeh dan ikut mensupport dengan memberikan alat lukis atau gambar terbaik seperti koleksi pensil warna.

Ada banyak jenis pensil untuk mewarnai yang beredar di pasaran yang bisa digunakan anak untuk menggambar atau melukis. Kesemua jenis pensil tersebut memiliki karakteristik tersendiri sehingga membedakannya dengan pensil jenis lainnya. Anda bisa membelikan sang anak yang memiliki bakat lukis atau gambar satu set pensil mewarnai sesuai dengan selera mereka atau jenis yang disukai dan dibutuhkan sesuai dengan media yang sering digunakan.

Jenis pensil warna untuk Anak serta penggunaannya

Sebagai gambaran, berikut ini adalah beberapa jenis pensil yang ada di pasaran saat ini.

1. Pensil arsir atau classic.

Merupakan jenis pensil untuk mewarnai yang terlebih dahulu di kenal di pasaran. Menggunakan media warna kayu yang digunakan dengan cara diatsirkan di atas kertas. Pewarnaannya bisa menggunakan cara memilih warna yang diinginkan atau mencampurnya dengan warna lain dengan cara mengatsir di atas atsiran sebelumnya. Biasanya 1 set memiliki 12 macam warna dengan degradasi warna muda dan tua.

2. Pensil watercolor.

Bentuknya mirip dengan pensil mewarnai biasa namun memiliki kelebihan lain yaitu bisa menghasilkan warna seperti cat air jika dikenakan sapuan kuas basah. Cara penggunaannya adalah dengan mengatsir pada gambar yang diinginkan kemudian untuk mendapatkan warna cat air cukup dengan menyapukan kuas basah di area tersebut. Berhati-hatilah saat menyapu di warna yang berbeda karena bisa mencampurkan warna. Bersihkan kuas terlebih dahulu sebelum digunakan di warna yang lain.

3. Pensil pastel.

Pensil warna pastel juga kerap digunakan oleh anak-anak dalam menggambar di atas kertas. Pastel lebih disukai oleh anak kecil karena tidak perlu meraut untuk bisa menggunakannya lebih lama. Pilihan warnanya juga banyak dan beragam tak kalah dari pensil mewarnai dari kayu. Menghasilkan sapuan warna yang khas dan lembut pastel lebih aman dan nyaman untuk digenggam oleh anak kecil.

Macam-macam pensil mewarnai di atas bisa dipilih sesuai dengan selera anak maupun kemampuan anak dalam menggambar atau melukis. Namun bukan hanya pensil mewarnai saja yang diperlukan namun juga pensil gambar yang memiliki warna hitam pekat untuk membuat gambar utama. Ada beberapa jenis pensil kayu untuk menggambar yang juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan maupun selera si pengguna nantinya. Pada umumnya pensil jenis 2B bisa diandalkan untuk menggambar dengan baik dan tebal.

Itulah beberapa jenis pensil warna yang bisa Anda belikan untuk anak sebagai bentuk support orang tua terhadap bakat yang dimiliki oleh anak. Bentuk support lainnya adalah Anda bisa membanggakan hasil lukisan anak di depan kerabat lain atau di depan teman-teman anak. Anda juga bisa memasang lukisan anak di ruang keluarga yang akan membuatnya merasa dihargai sehingga lebih bersemangat untuk memupuk bakat yang dimiliki. Saat ini juga sudah banyak kelas seni lukis yang bisa Anda jadikan tempat latihan untuk anak agar bakat yang ia miliki terus digali dan dikembangkan dengan lebih baik.

Tinggalkan komentar