4 Cara Merawat Baju Agar Tetap Awet dan Nyaman Dipakai

4 Cara Merawat Baju Agar Tetap Awet dan Nyaman Dipakai

Agar baju tetap awet dan nyaman dipakai maka perlu memberikan perawatan baju. Nah, untuk itu silakan baca 4 Cara merawat baju versi lutfi rifai. Pakaian atau sering pula kita sebut dengan istilah baju maupun busana merupakan salah satu kebutuhan pokok dalam hidup. Ketika masih di Sekolah Dasar maka kita diajarkan untuk mengenal tiga jenis kebutuhan pokok, yakni sandang (pakaian tadi), papan (rumah), dan tentunya pangan (makan). Ketiga kebutuhan ini menjadi kebutuhan konsumtif yang wajib didahulukan pemenuhannya ketimbang kebutuhan lain. Meski televisi atau elektronik jenis lain yang juga diperlukan untuk menikmati hiburan di rumah.

Semakin tinggi penghasilan yang dimiliki maka memiliki kesempatan untuk membeli pakaian mahal. Meskipun ada juga yang harganya standar saja. Tentu, dengan harga yang mahal memang kualitasnya lebih baik. Dikatakan kualitas lebih baik karena beberapa alasan berikut:

• Menggunakan bahan kain dengan jenis lebih tebal, kuat, dan tentunya lebih nyaman melekat di badan.
• Jahitan pakaian yang tentunya lebih kuat dan rapi sehingga bentuknya bagus dan awet.
• Model yang lebih menarik.
• Teknik pewarnaan kain yang jauh lebih bagus.

Pakaian yang baik memang selalu dikaitkan dengan harga mahal dan kualitas yang mampu mempresentasikan harga tersebut. Umumnya pakaian dengan kriteria semacam ini hanya bisa dimiliki oleh kalangan berada. Namun, fungsi pakaian tentu saja untuk melindungi tubuh dan menjadikan penampilan lebih sopan sehingga enak dipandang. Ketika mahal ataupun murah dijadikan patokan fungsi ini tidak akan luntur, maka memilih harga sewajarnya sudah dirasa lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan sandang yang baik.

Cara merawat baju pakaian dengan benar

Setelah mampu bijak dalam memilih baju untuk diri sendiri maupun untuk keluarga, tentu dijamin satu orang memiliki lebih dari dua potong pakaian. Tidak sedikit yang sampai beberapa lemari pakaian, pastikan sudah memberi perawatan yang tepat, dan berikut kiat-kiatnya:

1. Mencuci pakaian dengan benar,

Mencuci menjadi dasar utama perawatan pakaian, usahakan mencuci dengan detergen yang tepat agar noda bersih secara tuntas. Kemudian teknik mencucinya pun benar, sesuaikan dengan karakter pakaian apakah lebih cocok dicuci manual atau memakai mesin.

2. Pastikan disimpan dengan benar pula,

Menyimpan pakaian juga akan menentukan awet tidaknya pakaian tersebut, selain itu mampu membuatnya nyaman dipakai atau malah sebaliknya. Banyak orang mengabaikan pentingnya menyimpan pakaian dengan benar karena dirasa tidak akan memberi pengaruh apa-apa. Idealnya pakaian dari pakaian dalam sampai pakaian pelengkap (misal: outer), perlu disimpan di lemari yang bersih dan kering. Sebelum disimpan pastikan tidak lembab sekaligus sudah dilipat atau digantung dengan anger agar rapi.

3. Segera cuci jika memang terkena noda bandel,

Umumnya pakaian seiring berjalannya waktu akan terlihat kusam, sehingga bisa membedakan mana pakaian baru dibeli dan mana yang sudah berumur tahunan. Hal ini terjadi karena proses perawatan yang ternyata kurang tepat misalnya dicuci sembarangan. Sehingga kotoran masih melekat pada serat kain. Selain itu bisa pula karena teknik menjemur yang salah, misal tidak dibalik sehingga warna kain memudar. Supaya warnanya selalu cerah pastikan segera dicuci terlebih saat menjumpai noda bandel.

4. Segera jahit jika ada bagian jahitan yang lepas,

Ketika pakaian Anda sobek kira-kira tindakan apa yang akan Anda lakukan? Umumnya orang akan langsung menyimpannya atau malah menjadikannya sebagai lap lantai. Sebab harga pakaian memang kini banyak yang murah namun kualitasnya sudah terbilang cukup. Namun, untuk berhemat dan menjaga pakaian tetap enak dipakai tanpa repot belanja terus. Ketika sobek segera jahit serapi mungkin untuk menghindari sobekan lebih parah, tindakan ini membuat baju terawat dengan baik.

Itu versi kami untuk Anda yang menginginkan cara merawat baju atau pakaian yang benar.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.