cara berlangganan bayar pdam

Cara Berlangganan Bayar PDAM Untuk Pemula

Cara berlangganan bayar PDAM untuk pemula. Sumber kehidupan manusia selain berasal dari makanan memang bergantung juga pada air, karena sebagian besar diantara tubuh manusia juga terbuat dari air. Setidaknya ada 70% komponen di dalamnya yang berasal dari air. Kecukupan kebutuhan air tersebut berdampak kepada kehidupan manusia di masa yang akan datang. Meskipun tergolong gratis dan tersedia dalam jumlah banyak, namun faktanya kecukupan air bersih semakin lama semakin berkurang. Sehingga banyak diantara masyarakat yang tidak lagi mengandalkan air sumur atau tanah, melainkan dengan bayar PDAM, berlangganan produk air dari perusahaan air ini.

Karena memang sulitnya untuk mencukupi kebutuhan akan air bersih secara langsung atau sendiri. Umumnya harga air yang ditawarkan dari PDAM ini juga termasuk murah, sehingga banyak diantara masyarakat yang mulai berpindah kesini. Apalagi jaminan ketersediannya sudah pasti ada tanpa perlu repot-repot mencari sumber air di tempat yang lainnya ketika terjadi kekeringan atau kekurangan pasokan air.

Cara berlangganan bayar PDAM untuk pemula

Khusus untuk tagihan atau bayar PDAM ini sendiri cukup dilakukan sekali dalam sebulan, hendaknya juga dilakukan secara teratur tepat pada waktunya, karena akan mempengaruhi pasokan air. Jika sampai menunggak hingga beberapa bulan resikonya sumber atau pasokan air nantinya akan diputus. Adapun setidaknya beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk pelanggan baru yang ingin ikut serta menggunakan air PDAM ini, diantaranya adalah:

1. Dokumen

Siapkan persyaratan dokumen yang diwajibkan, sebelum memutuskan untuk menghubungi atau datang ke kantornya langsung, agar nantinya tidak bolak-balik, maka sangat penting bagi Anda untuk mempersiapkan kelengkapan dokumen penunjang, diantaranya adalah fotocopy KTP, PBB yang berasal dari kelurahan, KK, surat keterangan usaha bagi yang memang memiliki usaha sendiri dan juga surat keterangan instansi bagi yang bekerja di sebuah perusahaan tertentu.

2. Call center

Hubungi layanan call center dari PDAM, cara paling mudah jika memang kantornya terlalu jauh dari rumah Anda maka bisa langsung menghubungi lewat telepon. Umumnya pihak CS akan langsung mencatat permohonan untuk pemasangan langganan PDAM tersebut, tunggu hingga maksimal adalah 5 lari setelah dihubungi.

3. Datang langsung ke kantornya,

Umumnya setelah petugas datang ke rumah dan melakukan survey, hal ini dilakukan untuk melihat berapa jarak atau pipa yang dibutuhkan untuk memasang sambungan kesana, survey pada tahap pertama tersebut mengharuskan konsumen untuk datang ke kantornya secara langsung sebelum proses pemasangan benar-benar dilakukan pada hari berikutnya. Jadi bawalah semua berkas yang sudah disiapkan kemudian serahkan semua berkas yang ada untuk pendaftaran.

4. Pemasangan pipa saluran air,

Nantinya akan ada pihak dari PDAM yang bertugas untuk melakukan pemasangan pipa-pipa saluran air. Patut untuk diketahui bahwa hal ini tidak dikenakan biaya saja sekali, semua biaya sudah dibayarkan pada saat tahap administrasi sebelumnya di kantor.

5. Tarif.

Mulai menentukan tarif berlangganan, umumnya penentuan tarif atau harga berlangganan ini berbeda-beda. PDAM akan menghitungnya berdasarkan dengan jenis bangunan dan juga luas bangunan tersebut, semakin luas maka memungkinkan harga atau tarifnya juga jadi kian mahal.

Setelah itu konsumen bisa langsung merasakan air dari PDAM, khusus untuk bayar PDAM ini bisa dilakukan setiap bulannya mudah dari bank ataupun bisa lewat online, semakin banyak pilihan alternatif pembayaran yang memungkinkan kemudahan bagi Anda. PDAM ini adalah solusi terbaik ketersediaan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari, meskipun terkadang ada beberapa daerah yang memang tidak memiliki aksesnya.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.